WNDR NPC 2024 WINNER ANNOUNCEMENT

Skateboard Indonesia, Jakarta


Terima kasih kami ucapkan kepada seluruh peserta WNDR Narrative Photo Contest / NPC 2024 dan menjadi bagian dari selebrasi tahunan Anniversary WNDR skateboarding. Program ini juga menjadi salah satu bentuk pengharagaan kami kepada seluruh individu khususnya fotografer yang sekaligus membantu mewartakan skateboarding di wilayahnya sehingga makin dikenal oleh lebih banyak lagi orang-orang diluar wilayah mereka. 

Pada periode tanggal 10 hingga 29 Februari 2024 terdapat 10 peserta yang telah mengikuti kontes ini, 9 diantaranya eligible mengikuti kontes ini karena memenuhi persyaratan yang telah di tentukan. Tahun ini ada 2 tema yang diperlombakan "Homeboy" dan "Skateshop"

Tema HOMEBOY bertujuan untuk menunjukan bahwa eksistensi skateboarder di Indonesia itu sendiri masih ada dan terjaga dengan baik, dengan menampilkan foto-foto kebersamaan serta kegiatan apapun itu yang mereka lakukan bersama yang ditambakan dengan narasi atau cerita yang membuat pesan dari foto dapat dengan efektif tersampaikan.

Tema SKATESHOP merupakan tema baru yang hadir pada NPC tahun ini, dimana issue tentang eksistensi industri skateboarding tanah air dirasa perlu penyegaran serta penguatan. Dimana bagi skateboarding kehadiran Skateshop merupakan mata rantai ekosistem yang sangat penting bagi eksistensi skateboarding itu sendiri.

Maka hasilnya akan ada 2 pemenang untuk masing-masing tema, sekali lagi kami ucapkan terima kasih kepada seluruh peserta, kami sangat menghargai effort yang telah kalian keluarkan untuk kontes ini Big respect untuk kalian semua, dan Pemenang NPC 2024 tahun ini jatuh kepada:


HOMEBOY THEME WINNER

WONDERFUL SKATEBOARDING Merupakan sebuah imajanasi yang sering kami bahas ketika nongkrong selesai bersenang-senang dengan papan seluncur yang sering disebut SKIBOT oleh khalayak Kabupaten Trenggalek. Wonderful skateboarding itu menurut kami sebuah keajaiban dan merupakan alternatif dari sebuah kebebasan kami untuk meng-ekspresikan diri maupun mengenalkan kampung halaman kami ke teman-teman luar daerah. 

Dulu sempet ramai tagline Trenggalek itu mana?, dan menurut kami itu sebuah fenomena yang cukup menggelitik, 

Ternyata masih banyak bahkan banyak banget yang tidak tau bahwa di Indonesia ada daerah yang bernama Trenggalek. 

Kenapa kami mengambil tajuk “WONDERFUL SKATEBOARDING” karena kami ingin mengenalkan daerah kami dan apa yang kami punya dengan cara kami bermain skate. Kami sering bikin video dan foto skate di landmark-landmark daerah kami dan tempat wisata yang ada.Bermain Skateboard di daerah kami memang butuh effort lebih , tentu banyak hal menarik yang kami dapat dari bermain skateboard , salah satunya kebebasan yang sempat kami singgung di atas. 

Mungkin banyak anak-anak dan remaja di sini yang tidak seberuntung kami, kami menjumpai kelompok anak-anak dan remaja yang tertarik dan minat bermain skate tapi lingkungan mereka tidak mendukung seperti kebanyakan stereotipe di daerah, mereka harus nurut mengikuti kehendak orang tua yang saklek. Terlebih sebagai remaja, kadang dituntut untuk melakukan sesuatu berdasarkan pendapat orang lain atau lingkungan sekitarnya bukan atas keinginannya sendiri. Selain itu ada faktor finansial yang menjadi penghambat mereka bermain skate.WONDERFUL SKATEBOARDING sebuah bentuk harapan kami entah 1 thn atau bahkan 5 thn kedepan, tapi kami terus berusaha survive untuk trenggalek skatebording tetep eksis di kabupaten trenggalek tercinta ini. 


Congrats for Aldin Mahardika @padaumumnya_

 

 SKATESHOP THEME WINNER


Skateshop sebenarnya lebih dari sekedar toko, Skateshop adalah tempat dimana kalian bisa menonton video Part terbaru bersama teman-teman, di sana kalian bisa pertama kali melihat dan memegang skate shoes terbaru dari brand favorit kalian, Disana kalian juga bisa nongkrong dengan sesama skateboarder.

Di zaman sekarang ini, terutama dengan adanya internet, jika sesuatu hal mulai menjadi 'keren', segerombolan pelaku bisnis akan langsung memanfaatkannya, menghilangkan seluruh nilai, keaslian, dan substansinya, lalu menyebarkannya kepada masyarakat yang akan membeli dan memakainya, tanpa pernah mengetahui atau peduli dari mana asalnya atau apa yang diwakilinya. Jadi, hal-hal seperti #supportyourlocalSkateshop dan #supportskaterowned digunakan untuk meningkatkan kesadaran, sehingga generasi baru akan tetap memiliki kesempatan untuk merasakan kebebasan, energi-nya, dan kreativitas yang selalu diwakili oleh skateboard.

The importance of skateshops in the skateboarding industry in Randy Hasby's opinion:

"Kenapa skateshop penting untuk scene skateboarding, karena selain menyediakan barang-barang kebutuhan skateboard, Skateshop juga menjadi tempat bertukar informasi antara skaters, seperti teman-teman dari luar daerah bertukar informasi dengan skaters lokal bisa membahas soal Spot, Trend, bahkan event. Selain dari itu Skateshop juga menjadi ecosystem penyambung komunitas dan brand. Sudah banyak contoh dari skater profesional saat ini, yang berawal dari support skateshop lokal hingga menjadi skater profesional under major brand, jadi menurut gue Skateshop adalah sebuah Mata Rantai yang cukup penting dalam komunitas skateboard untuk berbagi informasi." 

Congrats for @ryu.netto

 

 

Kami ucapkan selamat kepada para pemenang, silahkan DM data diri kalian serta alamat via Instagram WNDR Skateboarding @wonderskateboarding

Sampai jumpa di WNDR NPC tahun berikutnya.




Write a comment