The story behind "MAIN PAGE" video

MAIN PAGE

 

Fadil - Backside Tailslide // Photo : Sharkiies
 

Proses pembuatan skateboard video selalu jadi hal menarik untuk dibicarakan, bukan hanya tentang lama pembuatan tetapi juga soal dinamika yang terjadi didalamnya. Seperti halnya Video yang baru saja di "Premiere" kan secara offline pada 18 Desember 2021 lalu oleh VAST Attitude. Video berjudul MAIN PAGE yang berdurasi sekitar 15 menit ini sangat bisa menjadi penyegaran untuk menutup tahun bagi skena skateboard tanah air, pasalnya menurut kami 2021 cukup menjadi tahun yang "flat" untuk hari-hari ber-skateboarding ria (disamping karena pandemi dan musim hujan). Sejauh pengamatan kami VAST Attitude merupakan merek untuk produk Apparel di kota Yogyakarta dan beberapa crew didalam nya kami kenal secara personal.

Video ini sendiri adalah kumpulan arsip yang telah di susun menjadi satu pada rentang 2017 hingga 2021 yang artinya 4 tahun pengerjaan sebelum dan saat pandemi. 4 tahun untuk 15 menit? ya bagi kebayanyakan dari kalian yang belum pernah mencoba untuk memproduksi skate video timeline waktu tersebut terlihat tidak "make sense" namun memang begitu adanya, banyak hal yang mempengaruhi hal tersebut. Berhubung kami sudah "colong start" untuk melihat video ini, menurut kami bisa dibilang salah satu aspek yang membuat rentang waktu pengambilan video bisa selama itu adalah jumlah dari skateboarder yang terdapat dalam video, yap ada sekitar 30 lebih skateboarder yang tampil dalam video MAIN PAGE. Entah ide siapa tapi Dinamic Duo Vian Novian (@skethor) dan Ismawadi Utomo (@sharkiiees) kemungkinan besar menjadi biang keladi dari ini semua.


QUESTION (Skethor) : Bro, 4 tahun untuk 15 menit, gimana ceritanya?

ANSWER : Sebenarnya 4 tahun yang lalu saya belum berniat bikin video ini, setiap filming sama temen-temen selalu saya simpan aja, nggak tau mau dibikin apa. Sayang daripada di post di sosial media aja sih.


Photo // Sharkiies

 

Kemudian kami cukup terfokus dengan spot atau lokasi yang digunakan dalam video ini, mayoritas spot menurut kami terlihat fresh cukup untuk menjadi detoks dari tampilan spot sudirman dan sekitarnya. Spot sepertinya kebanyakan berada di sekitaran Yogyakarta dan Jawa Tengah namun di beberapa footage terdapat spot over seas yang sepertinya diambil saat sebelum pandemi.

QUESTION (Skethor) : Itu spot luar negri di Malaysia ya tor? dalam rangka cekspot atau sekalian ada event tertentu?

 ANSWER : Iya mas,waktu itu pas ada event di Malaysia, sekalian aja saya bawa kamera, siapa tau ada yang bisa saya filming.


Satu lagi yang menarik, soal kesegaran, Freshness dari video ini adalah banyaknya wajah baru. Bagi kami yang jarang keluar kota ( terakhir ke Yogya 2019 ) mohon maaf jika kita belum sempat berkenalan, sebab dari 30an skateboarder mungkin hanya setengahnya yang kami kenal. Namun hal ini sejalan dengan tujuan dari pembuatan video ini. Sempat bertanya dengan Vian bahwa tujuan dari dibuatnya video ini menurut dirinya adalah;

Untuk melatih mental dalam menunjukan karya kepada publik dan tak lain untuk eksistensi di skena skateboard yang nantinya bisa menjadi bahan evaluasi untuk membuat yang lebih baik lagi.

The Crew
 

Nah bagi kalian yang masih bertanya "Buat apaan sih bikin-bikin video kaya gitu" Quotes mas Vian diatas bisa menjadi bahan renungan jika kalian belum menemukan tujuan atau keingingan untuk membuat skate video. Oh iya ada beberapa footage dalam video yang harus banget kita tanyain.

QUESTION (Skethor) : Dari puluhan skateboarder kenapa Footage nya Abbe yang paling banyak lo masukin footage bails? sensi lo ya? 

ANSWER: Soalnya abe keren mas :)

Karena skateboard bukan cuma soal jadi "keren" unsur-unsur fun juga masih bisa dirasakan dalam video ini, Jokes lokal dan kenapa part Sulis (@sulistumo) di taruh pada bagian awal video sepertinya jadi pengingat akan hal itu, "Lo nggak keren kalo lo nggak fun". Terakhir sekaligus jadi penutup pertanyaan ini tentang judul dari video ini MAIN PAGE sebenarnya tentang apa?

ANSWER : MAIN PAGE sendiri diambil dari struktur majalah / media yang berarti halaman utama dengan harapan nantinya akan menjadi berkelanjutan. Main Page juga sebagai video full pertama yang dibuat Vast Attitude sejak berdiri sendiri sebagai brand.

 

Sulistumo - Nose Grind // Photo Sharkiies

 

Jadi ada harapan dari sebuah nama dan ada keinginan untuk terus berkarya lewat rilisan pertama, kami berharap apa yang dilakukan dan dikerjakan oleh teman-teman dari VAST Attitude bisa menjadi trigger untuk karya dan kerja berikutnya dari teman-teman lain diluar sana. 

 

Meskipun hasil foto dari Sharkiies yang kita tampilkan di halaman ini sudah keren banget, tapi kurang lengkap rasanya jika kita belum menyaksikan videonya, nah untuk itu video MAIN PAGE akan kita Online Screening kan segera di website ini dan wonderskateboarding.com Jangan lupa untuk hadir kembali diwebsite ini pada Sabtu 25 Desember 2021.

 

 

 

 



Write a comment